BI Survey: Price Pressure Surges in January 2019 to Come

Monitor Utama. Survei Penjualan Eceran Bank Indonesia (BI) menjelaskan perlambatan yang terjadi pada bulan Januari 2019. Hal ini terjadi dengan masalah harga yang akan dilakukan produsen di awal tahun.


Tekanan tinggi harga terindikasi dari indeks ekspektasi harga umum yang diperkirakan meningkat dari 159,3 pada bulan ini menjadi 163,9. Padahal, indeks ekspektasi harga pada bulan terakhir ini, seiring dengan momentum Natal dan Tahun Baru.


"Kenaikan harga dengan masalah biaya yang dilakukan produsen di awal tahun," tulis survei tersebut, dikutip Selasa (12/11).


Survei BI dan perkiraan penjualan akan meningkat pada bulan Desember. Namun, menurun di Januari 2019 bersama berakhirnya faktor natal dan tahun baru.


Hal ini terutama mencerminkan dari indeks ekspektasi penjualan (IEP) Desember 2018 yang mencapai 165,9, lebih tinggi dibanding bulan sebelumnya. Namun, menurun pada Januari 2019 menjadi 156.


Sementara pada bulan, survei pembayaran belanja tetap positif. Hal ini terutama mencerminkan dari indeks penjualan nyata yang tumbuh 3,4 persen secara tahunan.


Peningkatan penjualan ritel pada bulan saat ini terutama didorong oleh kelompok-kelompok yang bersayap, 29, 29, 29, dan 29

Comments

Popular posts from this blog

PAN Removes South Kalimantan DPW Chairperson, BPN: Evidence of Seriousness in Winning Prabowo's Camp - Sandiaga

187 Trees in Jakarta Collapse in Two Weeks

The large number of foreign workers at the Jakarta -Bandung Fast Train Project, there are 558 Foreign Workers